Beranda Ragam 3 Manfaat Mengganti Oli Motor Secara Rutin

3 Manfaat Mengganti Oli Motor Secara Rutin

Ilustrasi mengganti oli.

JAKARTA, beritaapm.com – Oli menjadi bagian dari sepeda motor yang tidak boleh dianggap remeh. Karenanya, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk pemilik dinilai penting bagi pengendara. Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu.

Penggantian oli mesin itu harus dilakukan karena oli punya peranan vital dalam melumasi komponen mesin sehingga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu sepeda motor tetap terjaga.

Berikut beberapa manfaat melakukan penggantian oli secara rutin :

1. Suhu mesin terjaga dan performa motor tetap optimal

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja.

Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli di dalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat.

Jika terus dibiarkan kondisi ini justru membuat kinerja mesin terganggu seperti menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

2. Komponen mesin lebih awet dan hemat biaya servis

Manfaat lain dari rutin mengganti oli adalah dapat membuat masa pakai mesin menjadi lebih awet. Hal ini dikarenakan kualitas oli tetap terjaga sehingga dapat melumasi secara maksimal dan mencegah keausan komponen-komponen mesin akibat gesekan berlebih, melindunginya dari korosif atau karat dan juga membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja.

Dengan demikian biaya servis pun menjadi lebih hemat karena mesin terhindar dari kerusakan berat.

3. Hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

Kendaraan yang rutin diganti oli mesin tentunya memiliki performa dan tarikan yang jauh lebih baik. Hal ini tentunya berimbas pada konsumsi bahan bakar bensin yang lebih efisien.

Selain itu, emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan yang rajin diganti oli juga lebih rendah, sehingga secara tidak langsung dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

Beritaapm.id