Beranda APM Mobil Bermesin 1.600cc Turbo Konsumsi BBM OMODA 5 GT Otomatis Lebih Boros

Bermesin 1.600cc Turbo Konsumsi BBM OMODA 5 GT Otomatis Lebih Boros

OMODA 5 1.6 Turbo

JAKARTA, beritaapm.id – PT Chery Sales Indonesia akan meluncurkan varian terbaru dari OMODA 5 yakni OMODA 5 GT sebagai varian tertinggi melengkapi varian yang sudah ada sebelumnya yakni Z dan RZ.

Sebagai varian tertinggi, tentunya OMODA 5 GT memiliki perbedaan spesifikasi dari varian sebelumnya. Lalu apa saja ubahan dari tampilan dan spesifikasi yang membedakan dengan varian sebelumnya?

Berikut ulasan singkat OMODA 5 GT.

Eksterior

Secara tampilan luar, perbedaan OMODA 5 GT dengan varian sebelumnya tidak terlihat terlalu signifikan. Hanya pada bagian grill bumper, Chery menghilangkan logo dan menggantikan dengan emblem bertuliskan OMODA pada bagian terdepan di kap mesin.

Sama halnya pada bagian belakang, sudah tidak ada lagi logo dan hanya tulisan OMODA.

Selain itu, pada bagian pelek OMODA 5GT masih menggunakan pelek berukuran 18 namun dengan warna lis orange, dimana pada OMODA 5 RZ lis pelek berwarna merah.

Interior

Melihat bagian kabin, seperti tidak tampak perbedaan. Tata letak dan ornamen yang digunakan masih sama dengan varian sebelumnya.

Terdapat layar sentuh 20,6 inci dengan 8 unit speaker merek Sony dan kamera panoramic 360 derajat. Pada fitur keselamatan juga masih sama yakni dengan kelengkapan 11 fitur ADAS.

Namun, terdapat satu fitur yang membedakan dari varian sebelumnya yaitu OMODA 5 GT sudah terdapat fitur 3 mode berkendara yang terdiri dari Sport, Normal dan Eco. Sementara varian sebelumnya hanya ada Sport dan Eco.

Mesin

Pada bagian ini menjadi salah satu bagian yang paling signifikan perbedaanya. OMODA 5 GT sudah menggunakan mesin dengan kubikasi 1.600cc TGDI tidak lagi CVT tapi DCT.

Chery mengklaim mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal 197 Hp dan torsi  maksimal hingga 290 Nm.

Berbeda dengan OMODA 5 varian sebelumnya yang menggunakan mesin 1.500cc Turbo CVT yang mampu menghasilkan tenaga 143 Hp dan torsi 230 Nm.

Diatas kertas mesin OMODA 5 GT sudah jelas lebih bertenaga dengan konsekuensi konsumsi bahan bakar sesuai dengan kubikasi dan tenaga yang dihasilkan.

Memiliki perbedaan 100cc tidak menggunakan CVT dan penggunaan DCT-7 Percepatan serta Turbo, Chery mengklaim putaran tenaganya sudah terasa padat mulai dari putaran bawah.

Kesimpulan

Menurut kami, tidak ada yang special dari OMODA 5 GT kalau hanya perbedaan kubikasi mesin yang menjadi lebih besar. Secara otomatis tenaga sudah pasti meningkat namun konsumsi bahan bakar pastinya juga akan lebih boros.

Menurut data dari berbagai sumber, salah satu kelemahan mobil pabrikan asal China saat ini adalah konsumsi bahan bakar belum bisa menyamakan atau lebih irit dari mobil Jepang.

Sedangkan masyarakat Indonesia kebanyakan masih menganut salah satu faham membeli mobil harus irit lantaran untuk penggunaan harian dengan kondisi jalan yang terkenal macet.

Walau tidak sedikit juga masyarakat yang tidak memedulikan seberapa konsumsi bahan bakar pada mobil yang akan dibelinya.

OMODA 5 R atau RZ masih menjadi rekomendasi daripada varian GT,  harga varian R atau RZ masih lebih rasional dengan konsumsi bahan bakar yang pastinya lebih baik dari GT.

Beritaapm.id