Beranda APM Mobil Suzuki Bukukan Peningkatan Penjualan Ritel 12% pada Agustus 2023

Suzuki Bukukan Peningkatan Penjualan Ritel 12% pada Agustus 2023

Suzuki Grand Vitara Hybrid. (Foto: Ist)

JAKARTA, beritaapm.com – Melansir data GAIKINDO, Suzuki mencatat penjualan ritel pada bulan Agustus 2023 sebanyak 7.040 unit atau meningkat sebesar 12% jika dibandingkan dengan Juli 2023 yang hanya 6.305 unit.

New Carry menyumbang sebesar 47% atau 3.308 unit sekaligus menjadi yang terlaris. Penyumbang lainnya oleh kendaraan Hybrid Suzuki seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid.

Data penjualan bulan Agustus 2023 membuktikan bahwa penjualan tertinggi segmen passenger Suzuki masih diduduki oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22% atau 1.548 unit, dimana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa segmen passenger menyumbang 53% atau 3.731 unit penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023.

Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023 yang hanya 49%. Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15% dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu.

Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38% dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki.

“Penjualan otomotif secara keseluruhan mengalami peningkatan di momentum-momentum besar seperti ajang pameran otomotif tahunan yang berlangsung di bulan Agustus lalu. Pada saat itulah pembelian mobil menjadi sangat menguntungkan karena brand akan memberikan banyak promo yang memudahkan kepemilikan kendaraan bagi pembeli,” ujar Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS.

Sejak perdana meluncurkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada All New Ertiga Hybrid di Indonesia (2022), Suzuki menerima respons pasar yang positif.

Setelah hampir satu tahun diluncurkan, penjualan All New Ertiga di bulan Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25% dibandingkan penjualan Juli 2023, dengan akuisisi penjualan sebesar 10% dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58% penjualannya adalah model hybrid.

Kendaraan hybrid unggulan Suzuki lainnya juga menunjukkan tren peningkatan. New XL7 secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22%.

Angka penjualan XL7 di bulan Agustus meningkat sebesar 23% dibandingkan dengan penjualan bulan Juli 2023, dimana 53% penjualannya merupakan sumbangsih dari model hybrid-nya.

Grand Vitara yang juga baru diluncurkan pada awal tahun ini turut menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46% dibandingkan penjualannya di bulan Juli 2023.

Selain teknologi hybrid, All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara juga dilengkapi dengan ragam fitur canggih yang sama seperti cruise control, hill hold control, auto retractable mirror, dan lain sebagainya yang semakin meningkatkan daya jualnya.

Selain itu, penjualan CBU Suzuki tercatat mengambil bagian sebesar 16% dari total penjualan, dimana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Beritaapm.id