Beranda APM Mobil Berkapasitas 125.000 Unit per Tahun, Pabrik NETA di China Gunakan Teknologi Robotik

Berkapasitas 125.000 Unit per Tahun, Pabrik NETA di China Gunakan Teknologi Robotik

NETA Plant, Tongxiang City. (Foto: Ist)

CHINA, beritaapm.id – Berlokasi di kota Tongxiang, China, pabrik perakitan NETA memiliki kapasitas produksi mobil listrik mencapai 125.000 unit per tahun.

Pabrik perakitan NETA di Tongxiang berdiri di lahan seluas sekitar 23 hektar dan dilengkapi dengan fasilitas modern dan canggih yang mampu menjalankan proses-proses penting seperti stamping, welding, coating, dan assembly.

Salah satu sorotan utama di pabrik ini adalah penggunaan teknologi robotik yang mendominasi dalam setiap tahap perakitan.

Sebanyak 73% aktivitas pengerjaan di pabrik ini dikerjakan oleh sistem otomasi robot yang canggih, yang secara signifikan mempercepat proses produksi dan meningkatkan efisiensi.

Dengan sistem yang terstruktur dan didukung oleh teknologi modern, pabrik ini mampu menghasilkan satu unit mobil listrik dalam waktu hanya 3 menit, atau total sebanyak 400 unit mobil listrik setiap harinya.

Angka-angka ini mencerminkan komitmen NETA untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang akan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan inovatif.

“Pabrik ini tidak hanya memproduksi kendaraan listrik terbaik, tetapi juga menjunjung tinggi standar dan kualitas produksi untuk memberikan mobil listrik yang terbaik dari segi kualitas dan teknologi,” ujar Jason Ding selaku Deputy Managing Director PT NETA Auto Indonesia.

Sejak melakukan debutnya di pasar otomotif Indonesia melalui acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, NETA telah berkomitmen untuk membawa teknologi canggih dalam mobil listrik (EV) untuk semua kalangan masyarakat di pasar domestik.

Pabrik NETA di Tongxiang adalah contoh nyata bagaimana perusahaan ini terus berinovasi dan berkomitmen dalam mengembangkan bisnisnya secara global, termasuk ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri, NETA menunjukan keseriusan dalam pasar domestik dan telah siap untuk merakit mobil listrik dengan menggandeng PT Handal Indonesia Motor untuk perakitan secara lokal dalam bentuk CKD (completely knocked down).

Kerja sama ini dijadwalkan dimulai pada kuartal kedua tahun 2024 dan ini menandai langkah serius NETA dalam mendukung industri otomotif yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas karbon dan membawa Indonesia ke masa depan yang lebih ramah lingkungan dalam sektor otomotif.

Beritaapm.id