Beranda Ragam Perhatikan 5 Komponen Ini Untuk Menjaga Kondisi Mobil Anda

Perhatikan 5 Komponen Ini Untuk Menjaga Kondisi Mobil Anda

Mesin All New Xenia 2022. Foto: ibid

JAKARTA, BeritaATPM.id – Demi menunjang performa laju kendaraan, komponen mobil wajib ganti secara berkala. Pengukuran biasanya dilakukan berdasarkan hitungan kilometer atau jarak tempuh perjalanan mobil.

Contohnya, setiap jarak tempuh perjalanan 10.000 kilometer, filter oli harus diganti. Komponen-komponen mobil seperti ini dinamakan komponen “fast moving”, karena waktu pergantiannya cepat.

Setiap komponen mobil, ada batas usianya, yang jika diacuhkan, akan berdampak buruk bagi kinerja mobil Anda secara keseluruhan. Perhatikan baik-baik cara mengenali komponen yang perlu diganti, agar tidak membahayakan keselamatan Anda.

Lalu, apa saja yang termasuk komponen mobil wajib ganti tersebut? Simak penjelasan berikut.

5 Komponen Mobil Wajib Ganti

1. Kampas Rem

Sesuai namanya, kampas rem adalah komponen mobil untuk memperlambat laju ketika pengereman. Ketika Anda menginjak rem, silinder master rem mengirim minyak rem bertekanan tinggi ke kaliper rem.

Kemudian kaliper rem akan menekan kampas supaya bergesekan dengan disc brake, yang menyebabkan kecepatan mobil melambat.

Dengan penggunaan yang terus menerus, kampas rem akan menipis dan habis. Biasanya, kampas rem harus diganti setiap perjalanan 30.000 sampai 35.000 km.

Halaman: 1 2
Beritaapm.id