Beranda Ragam Perhatikan 5 Komponen Ini Untuk Menjaga Kondisi Mobil Anda

Perhatikan 5 Komponen Ini Untuk Menjaga Kondisi Mobil Anda

Mesin All New Xenia 2022. Foto: ibid

2. Kampas Kopling

Komponen ini berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke sistem transmisi persneling. Jika kampas menipis, transfer tenaga mesin ke roda akan berkurang. Akan sangat berbahaya jika komponen ini sampai habis.

Karena hal ini akan mengurangi tenaga mobil secara drastis, juga menyebabkan borosnya bahan bakar. Perhatikan tanda kampas mobil sudah mulai habis berikut ini:

  • Menimbulkan bau terbakar (hangus).
  • Ketika kopling ditekan, pedal kopling akan mengeras.
  • Sulit untuk mengganti gigi.
  • Kopling mendadak slip. Oleh sebab itu, setiap jarak tempuh 20.000 km, kampas kopling harus diganti.

3. Busi

Busi berfungsi menyalakan mesin mobil. Arus listrik dari aki dinaikkan koil dan mengalir ke busi, lalu busi akan mengeluarkan percikan api dan memulai proses pembakaran. Jika percikan api yang dikeluarkan busi mulai mengecil, segera ganti busi mobil Anda.

Standarnya, busi mobil harus diganti setiap 20.000 km. Jumlah busi setiap mobil berbeda-beda, bergantung pada jumlah silinder di mobil tersebut.

4. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara supaya tidak masuk ke dalam sistem injeksi. Jika filter udara kotor, akan mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda.

Sehingga bahan bakar yang terpakai menjadi lebih banyak dari seharusnya. Sebaiknya ganti filter udara mobil Anda pada jarak tempuh 40.000 km.

5. Filter Oli

Rumornya, mengganti filter oli sebaiknya pada waktu yang sama ketika mengganti oli. Ganti filter oli setiap jarak tempuh 10.000 km, namun jika ingin mengganti filter oli bersamaan dengan oli juga baik.

Hal ini akan menyebabkan penyaringan oli menjadi lebih bersih dan oli yang digunakan akan lebih berkualitas. Agar seluruh komponen mobil Anda dapat bekerja dengan baik, pastikan komponen mobil wajib ganti diganti secara berkala.

Ada kalanya mobil memerlukan penggantian komponen lebih cepat karena berbagai faktor eksternal, kecelakaan, kerusakan tak disengaja, dan lain sebagainya.

Halaman: 1 2
Beritaapm.id