JAKARTA, beritaapm.id – Bersamaan dengan gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 Toyota RAV4 terbaru resmi diperkenalkan di Indonesia. All New RAV4 GR Sport yang ditawarkan dengan mengadopsi teknologi Plug-In Hybrid EV. Dimana model tersebut mengkombinasikan mesin bensin dan motor listrik, tetapi bisa mengecas baterai.

“Sebagai bentuk realisasi dari komitmen kami dalam menghadirkan Mobility for All, melalui kehadiran All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV, kami ingin menjawab kebutuhan mobilitas yang menciptakan lingkungan lebih baik.” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Mobil yang diimpor utuh dari (CBU) dari Thailand tersebut dibekali mesin bensin 2.5 liter yang dipadukan dengan sistem AWD-i Toyota.

Untuk varian PHEV ini menawarkan tenaga gabungan (dengan motor listrik) yang lebih efisien, yakni 302 Tk (225 kW/306 PS).

Terkait fiturnya RAV4 PHEV memiliki head unit layar sentuh berukuran 10,5 inci yang dapat terhubung dengan smartphone tanpa kabel melalui Android Auto, atau Apple CarPlay. Selain berfungsi untuk sistem hiburan, head unit itu juga menampilkan navigasi peta jalan dengan cloud.

Selain itu, sebagai mobil kekinian, RAV4 juga dibekali fitur perintah suara. Pengguna hanya menyebut ‘Hey Toyota’, untuk memerintahkan membuka jendela, mengatur suhu AC, dan beberapa perintah lainnya.

Mobil sudah terhubung dengan jaringan internet, maka update perangkat lunak bisa dilakukan di manapun, tanpa perlu ke bengkel.

Berkat jaringan internet, pengguna bisa melakukan perintah dari jarak jauh menggunakan aplikasi My Toyota, seperti membuka, atau menutup jendela, mencari mobil terakhir di parkir, menghidupkan AC sebelum masuk ke kabin, dan lain-lain.

Penjualan global Toyota RAV4 anjlok

Sayang untuk harga jual saat ini Toyota belum merilis secara rinci “Ini masih impor. Saat ini harganya belum keluar, sebentar lagi. Tetapi tetap di bawah Rp 1 Miliar,” kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy di GJAW 2023.

Adapun salah satu keunggulan dari SUV modern tersebut ialah pada jarak tempuh ketika kondisi baterai penuh. Dalam keadaan 100 persen mobil dapat berjalan sampai 60 kilometer hanya dengan baterai saja.

Sedangkan dalam model baterai mobil ini bisa melaju sejauh 60 Km. Dengan hadirnya Toyota RAV4 di Indonesia, maka Toyota menambah line up lagi soal mobil yang mengusung teknologi PHEV, setelah Prius. Sebagai informasi, saat ini Toyota RAV4 PHEV di Amerika Serikat dipasarkan seharga US$43.675,00, atau setara dengan harga Rp 675.401.118 di Indonesia.

Di Amerika Serikat sendiri menurut data Carsalebase penjualan Toyota RAV4 terus mengalami penurunan 14%. Dari sebelumnya 407,739 unit di 2021, 40,998 unit di 2022, dan dan 366,741 unit penjualan RAV4 di 2022. Sedangkan di tahun 2023, sepanjang Januari – Februari laku sebanyak 53.446 unit.

Untuk wholesale mobil hybrid di Indonesia Toyota masih bisa bernafas lega, pasalnya Toyota All New Kijang Innova Zenix masih menjadi yang terlaris.

Akankah Toyota RAV4 akan mengikuti jejak Toyota All New Kijang Innova Zenix? atau bernasib sama seperti yang terjadi untuk pasar globalnya melihat harga yang akan dikeluarkan pasti lebih mahal dari Zenix.