JAKARTA, beritaapm.id – PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya akuisisi perusahaan iklan baris digital ternama yakni PT Tokobagus atau OLX.

Dengan akuisisi ini Astra memiliki 100% saham OLX Classifieds melalui PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%.

Akuisisi ini turut melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Seperti diketahui OLX merupakan pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat.

Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar USD77 miliar.

Selanjutnya diperkirakan akan mampu mencapai USD130 miliar pada tahun 2025, dimana 40% pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

“Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gidion Hasan.

“Kami senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra. Kami telah berhasil membangun platform iklan baris digital OLX menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer OLX Grup Lydia Ventura Paterson.

Sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial.