Beranda Ragam BITAS Ingatkan Para Bikers Jangan Salah Kaprah Ketika Modifikasi Motor

BITAS Ingatkan Para Bikers Jangan Salah Kaprah Ketika Modifikasi Motor

Nara sumber talk show Bicara Komunitas (BITAS). (Foto: istimewa)

BEKASI, beritaapm.id – Maheza Organizer bekerja sama dengan tim SodaranyaAB Com (Alanbikers.com) berkolaborasi mengkampanyekan keselamatan jalan dengan nama program “Bicara Komunitas” (BITAS). Merupakan ajang edukasi dan sharing yang fokus tentang keselamatan jalan dari berbagai macam komunitas yang dikemas dengan konsep yang menarik dan santai.

Kegiatan tersebut berlangsung di Archaic Coffeé, Jl. Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Sabtu (27/5). Program BITAS kali ini suguhkan Talk Show “Rante Bikers” (Obrolan Santae Bareng Bikers) dengan tema “ Smart Modification For Safety”.

Sebagai nara sumber hadir Eleonora Ajisela Agrippina atau Non Jisel, Motocyclist yang juga penggiat Safety Riding lalu Yogie Baskoro Murty, Motorcycle Specialist Instructor dari KyFU (PT Karya Fajar Ultima), dan Ramlan ‘Alan Bikers’, Founder Alanbikers.com.

Hadir disini sekitar 100 bikers yang merupakan perwakilan pengurus dari 48 klub/ komunitas yang berada di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Diawali dengan Nyoride atau riding bersama-sama pada sore hari dari dua titik kumpul (Tikum), area Museum Bekasi/ Gedung Juang 45 dan area parkir KFC Pangkalan Jati, Jakarta Timur.

Selama acara berlangsung di Archaic Coffeé, seluruh peserta mendengarkan pemaparan dari para nara sumber sesuai dengan tema acara ini. Mereka pun nampak antusias karena mendapatkan pecerahan seputar bagaimana modifikasi motor yang tetap safety atau mengacu pada kaidah safety Riding. Juga ada kontes Modif yang sekaligus menjadi contoh bagaimana seharusnya memodif motor sesuai dengan kaidah safety riding.

“Modifikasi yang tidak tepat bisa menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan. Selalu pastikan bahwa modifikasi yang dilakukan selalu mempertimbangkan faktor keselamatan, atau bahkan modifikasi untuk meningkatkan aspek keselamatan berkendara,” ujar Bro Yogie.

Sementara itu, Non Jisel mengingatkan, point yang perlu ditekankan dalam konteks modifikasi ini adalah modifikasilah sesuai dengan kebutuhan, yang bikin nyaman dan aman bagi sesama pengguna jalan raya.

“Jika ingin punya nilai artistik dengan modifikasi ekstrem, ya cuma boleh untuk di kontes aja, bukan untuk dipakai di jalan raya. Karena bikers pasti taat dengan Undang-Undang yang berlaku. Karena setelah berhasil “berkendara dengan aman untuk diri sendiri”, level selanjutnya adalah “berkendara dengan aman untuk semua pengguna jalan raya,” pesan Non Jisel.

Sedangkan Bro Alan mengingatkan kepada para bikers yang hadir agar bijaklah ketika ingin memodif motornya. Sesuaikan dengan kebutuhan, bedakan modif untuk kontes, balap (Racing), touring atau harian. “Jangan asal terlihat kren dengan merek atau brand mahal, tapi mengabaikan kaidah safety riding akibatnya bisa mencelakan diri sendiri juga orang lain di Jalan,” tutup Bro Alan.

Selaku Founder Maheza Organizer, Wahyu Dewi Ekawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh bikers yang sudah berkenan hadir di acara ini. Juga seluruh panitia dan pihak lain yang terlibat di acara ini yang telah bekerja secara maksimal, sehingga acara Road Show Hati – Hati di jalan ini bisa berjalan lancar.

“Terutama juga kepada para sponsor mulai dari Nine Autoseries, Respiro Indonesia,Kkahf Everyday, Contin Moto, Shopa&Bike dan NGK Busi. Kepada media partner AlanBikers.com, Radio Era FM, Naik Motor, Topbekasi.id, Otoexpo.com, Pengendara.com, Pojokoto.com, Ruangoto.com, Jadwalbalap.com, Autoindo dan Beritaatpm.id. Serta support dari Archaicoffee dan 360degree.id,” lanjut Ayu.

Beritaapm.id