Beranda APM Motor Ilectra Motor Group dapat Pendanaan USD 50 Juta dari Brama One Ventures

Ilectra Motor Group dapat Pendanaan USD 50 Juta dari Brama One Ventures

Alva One dan Alva Cervo.

JAKARTA, beritaapm.com – PT Ilectra Motor Group (IMG atau ALVA) dengan merek kendaraan listrik ALVA telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total investasi hingga USD 50 juta.

Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures.

Sedangkan investor yang baru mencakup HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund), yang bersama dengan Horizon Ventures dan Indika Energy, menjadi investor terbesar hingga saat ini.

Investor baru selain Foxconn Co-GP fund yaitu Brama One Ventures. Hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk terus mengakselerasi pengembangan produk ALVA dan memperluas jaringan di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, IMG didirikan pada tahun 2021 untuk membangun solusi mobilitas yang berfokus tidak hanya pada pengembangan produk kendaraan roda dua listrik tetapi juga ekosistem pendukungnya, yang masih sangat baru.

Memanfaatkan kemampuan R&D yang dibangun sejak awal, IMG meluncurkan model kedua produk sepeda motor listriknya yaitu ALVA Cervo pada Mei 2023 setelah sebelumnya dengan ALVA One.

Memiliki fasilitas perakitan di Cikarang, Jawa Barat, pabrik IMG telah beroperasi sejak kuartal keempat tahun 2022 dengan total kapasitas 100.000 unit per tahun.

Selain itu, ALVA Experience Center di SCBD, Jakarta, serta ALVA Studio di Mall Bali Galeria, Bali, telah beroperasi penuh untuk mendukung brand experience konsumen, penjualan dan layanan purna jual.

Pasar kendaraan listrik roda dua diproyeksikan tumbuh pesat karena harganya sebanding dengan produk non-kendaraan listrik dengan biaya operasional yang jauh lebih rendah, didukung oleh peran aktif pemerintah dalam mendorong elektrifikasi, menyediakan infrastruktur, dan mempromosikan konversi kendaraan listrik.

Melihat potensi yang besar tersebut, IMG memasang target besar untuk menjadi pemain kendaraan listrik roda dua terkemuka di Indonesia.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kendaraan listrik. Kami berharap dapat terus berinovasi dan mengembangkan ALVA, serta memperluas pasarnya di seluruh Indonesia,” tutur Azis Armand, Vice President Director dan Group CEO Indika Energy.

“Kami sangat senang mengumumkan kolaborasi kami dengan ALVA, kendaraan listrik roda dua buatan Indonesia untuk masyarakat Indonesia,” ujar Frances Kang dari Horizons Ventures.

Beritaapm.id