Beranda Ragam 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dari DFSK, Simak Promo Menariknya

6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dari DFSK, Simak Promo Menariknya

Mekanik DFSK yang terlatih dan tersertifikat. Foto: DFSK

JAKARTA, beritaapm.com – Mudik saat Lebaran merupakan tradisi yang dilakukan di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Tentu diperlukan kesiapan yang matang untuk merealisasikan perjalanan yang kadang memakan waktu yang lama akibat kemacetan yang melanda saat mudik.

Berikut beberapa kiat mudik dengan aman dan nyaman dari DFSK.

1. Rencanakan rute perjalanan

Rencanakan rute Anda sebelum memulai perjalanan sehingga dapat menghemat waktu dan lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

Untuk mengetahui rute perjalanan dan kondisi lalu lintas secara real time, gunakan fitur navigasi GPS seperti yang dapat ditemukan di DFSK Glory dan hindari menggenggam ponsel saat berkendara.

Jika ingin menggunakan aplikasi GPS, manfaatkan fitur konektifitas atau smartphone mirroring yang terdapat pada kendaraan Anda.

Disarankan untuk memanfaatkan panduan suara dari sistem GPS untuk memastikan pengemudi tetap berkonsentrasi pada lalu lintas dan tidak teralihkan oleh layar yang terdapat di kendaraan.

2. Jadwalkan perjalanan

Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh terasa lelah dan mengantuk. Minimal beristirahatlah setelah 3 jam berkendara untuk menghindari tertidur secara tiba-tiba dalam waktu beberapa detik (micro sleep).

Apabila sedang berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

3. Periksa kembali kondisi kendaraan

Guna memastikan kendaraan dalam kondisi baik, bawalah kendaraan ke bengkel terdekat untuk check up mobil secara keseluruhan mulai dari oli (oli mesin beserta oli filter, transmisi, gardan, minyak rem, minyak power steering, dll), sistem pendingin mesin, kondisi ban serta kondisi lampu-lampu.

4. Muatan sesuai kapasitas kendaraan

Muatan mobil yang terlalu berat (overload) dan ukuran barang bawaan yang berlebih (over-dimension) akan sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan dan beresiko membahayakan penumpang dan pengendara lain.

Kelebihan muatan juga menimbulkan bertambahnya jarak pengereman yang dibutuhkan sehingga menambah potensi bahaya. Selain itu membuat pemakaian bahan bakar yang tidak ekonomis.

5. Selalu Jaga Jarak

Walaupun kendaraan-kendaraan terkini termasuk DFSK dilengkapi fitur ABS sebagai perlengkapan standard keamanan untuk memastikan pengereman kendaraan yang efektif, tetap selalu waspada dalam menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan di depannya. Pemudik juga harus tetap berada dalam jalur untuk mengurangi potensi benturan.

Berdasarkan teori defensive driving, jarak aman antar kendraan adalah 3 detik dalam kondisi normal atau 4 detik dalam keadaan hujan atau berkabut.

6. Gunakan Sabuk Pengaman

Hal mudah dan sederhana yang bisa diterapkan adalah sesimple menggunakan sabuk pengaman yang seringkali disepelekan. Padahal hal tersebut membantu badan untuk tetap berada di posisi tempat duduk ketika terjadi benturan. Menggunakan sabuk pengaman merupakan keharusan bagi seluruh penumpang.

Dalam rangka menghadapi libur dan mudik Idul Fitri 1445 H, PT Sokonindo Automobile menggelar DFSK Service Campaign – Free Vehicle Check yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 30 Maret 2024 dan berlaku di seluruh jaringan dealer resmi DFSK di Indonesia.

Para pelanggan DFSK dapat memanfaatkan kesempatan pengecekan kendaraan gratis berlaku untuk semua model, seperti: Glory Series, Gelora Series serta Supercab, sebelum melakukan perjalanan mudik selama libur Lebaran. Pengecekan gratis ini akan meliputi 22 poin pemeriksaan kendaraan yang dibutuhkan.

“Program Free Vehicle Check ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk memberikan jaminan ketenangan bagi para pemilik mobil DFSK yang akan melakukan perjalanan ke luar kota dalam rangka libur Lebaran.” ujar Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile.

Dalam rangka menghadapi libur Lebaran, DFSK juga mengoperasikan Bengkel Siaga 24 jam yang beroperasi di Pondok Indah – Jakarta, Sudirman – Bekasi, Hajimena – Lampung, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya AR Hakim dan Bandung mulai tanggal 8 hingga 15 april 2024.

DFSK menawarkan Promo Ceria yang sudah berlangsung sejak bulan Januari hingga Maret 2024 dengan memberikan berbagai macam hadiah untuk setiap pembelian Minibus dan Blindvan GELORA di periode tersebut.

Hadiah yang bisa didapatkan antara lain adalah: voucher PLN senilai Rp. 2.500.000,- dan mendapatkan satu buah wall charger dan instalasi.

Dengan memiliki dan mengendarai kedua varian GELORA pelanggan dipastikan memiliki banyak keuntungan seperti BBN-KB yang lebih hemat, kendaraan tidak memerlukan BBM, bebas area ganjil-genap serta membantu menjaga lingkungan karena kendaraan yang digunakan bebas polusi. DFSK mengajak konsumen untuk segera memanfaatkan Promo Ceria ini.

Beritaapm.id